Selasa, 05 Juni 2012

Ruangan tersunyi di Dunia


Sebuah laboratorium di South Minneapolis, Amerika Serikat berhasil membuat ruangan yang mampu menghisap 99,99% suara yang ada. Orfield Laboratorium juga mendaftarkan ruangan tersebut ke Guinness World Record dan berhasil memecahkan rekor untuk tempat paling sunyi di dunia.



Ruangannya mirip seperti ruangan rekaman, hanya saja di ruangan ini, tidak akan ada suara yang terdengar. Rekor terlama orang yang mampu bertahan di ruangan ini adalah 45 menit. Ruangan ini diberi nama “Anechoic Chamber’, terbuat dan dilapisi dengan dinding baja, beton dan fiberglass.
“Ketika sudah tidak lagi terdengar suara, telinga akan beradaptasi. Dan makin banyak hal terdengar. Mulai dari detak jantung, paru-paru atau lambung. Di ruangan ini, Anda menjadi suara dan bisa berhalusinasi,” kata pendiri sekaligus presiden Orfield Lab, Steven Orfield.

Di sisi lain, ruangan ini biasa digunakan untuk menentukan kualitas suara dan menjadi tempat latihan para calon astronot NASA. “Ruang ini dapat melatih calon astronot untuk fokus dan tidak berhalusinasi,” kata Orfield.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar